Traditional Food? Why not?

Makanan atau minuman tradisional merupakan makanan atau minuman yang kerap kali dikonsumsi sejak generasi terdahulu yang biasanya menjadi suatu ciri khas daerah yang telah disesuaikan dengan selera masyarakat setempat. Saat ini, beberapa makanan atau minuman tradisional seperti kalah pamor atau mulai ditinggalkan oleh generasi muda.

Minuman modern seperti thai tea, brown sugar boba milk tea, taro milk tea seakan lebih dikenal dan disukai oleh banyak generasi muda. Hal ini mendorong banyak pihak, termasuk generasi muda untuk mengangkat makanan atau minuman tradisional agar dikenal kembali oleh masyarakat khususnya generasi muda.

Dengan berkembangnya dunia digital dan mudahnya mencari informasi, membuat masyarakat menjadi terbuka pada informasi global, dan salah satunya adalah informasi mengenai makanan dan minuman dari mancanegara. Salah satu tren makanan yang menarik pada era ini adalah adanya tren makanan tradisional yang dimodifikasi menjadi makanan modern, serta tren makanan jaman dulu dengan resep kuno atau resep keluarga Meskipun seharusnya pada era Revolusi Industri 4.0 ini dinamika tren makanan dan minuman global sangat meningkat.

Menurut survey Alvara Research Center yang dilakukan pada Juli 2020, pengguna internet di dominasi oleh generasi Z dan 80.5% dihabiskan untuk berselancar di dunia maya. Maka dapat diasumsikan bahwa generasi Z merupakan generasi yang melek teknologi dan peka pada tren global.