Perkuliahan Secara Online dalam Pandangan Mahasiswa

Pandemi C0vid-19 membuat banyak aktivitas harus dilakukan dari rumah, mulai dari work from home untuk para pekerja hingga study from home untuk para  siswa dan mahasiswa. Pembelajaran yang dilakukan secara online ternyata menimbulkan banyak konsekuensi mulai dari ketersediaan gadget untuk siswa atau mahasiswa di daerah, keterjangakauan internet untuk pembelajaran, hingga dari sisi sekolah atau kampus, dimana para dosen harus mengubah paradigma belajar dari yang harus tatap muka menjadi pembelajaran secara online.


Pembelajaran secara online ternyata membuat tidak hanya para pengajar menjadi stress dengan perubahan yang ada, namun dari sisi mahasiswa pun, menganggap pembelajaran secara online kurang efektif ditambah lagi dengan beban tugas yang membuat tingkat stress mahasiswa bertambah.


Mahasiswa pun melihat beberapa hal dalam efektivitas dan menariknya pembelajaran secara online. Mahasiswa tetap berharap materi dapat tetap tersampaikan dengan benar dan dengan cara yang menarik. Berikut ini beberapa pengamatan dan soulsi yang diberikan mahasiswa agar pembelajaran online dapat berlangsung menarik dan efektif.