Perangi Kanker dengan Makanan Sehat

Perangi Kanker dengan Makanan Sehat

Kamis, 25 Agustus 2016. Mahasiswa Culinary Business 2014 kedatangan seorang narasumber dari Yayasan Kanker Indonesia Cabang Jawa Timur yaitu Ibu DR. dr. Sri Adiningsih MS.MCN. Siang itu Ibu Sri mengajarkan para mahasiswa mengenai kanker selama dua jam yaitu dari Pukul 10.00-12.00 WIB.

Aktivitas kelas yang berlangsung di Live Action Laboratory Unviersitas Ciputra tersebut merupakan bagian dari mata pelajaran Healthy Food & Beverage Innovation, di mana para mahasiswa Culinary Business 2014 diajar untuk belajar tentang kesehatan, nutrisi, diet, makanan sehat, dan berbagai macam penyakit, sehingga di akhir pelajaran ini para mahasiswa dapat membuat makanan-makanan sehat untuk masyarakat yang memiliki berbagai macam penyakit misalnya saja kanker, autis, diabetes, dan lain-lain.

untitled-1

Pelajaran siang itu dibuka dengan perkenalan Ibu Sri yang adalah seorang dosen di Universitas Airlangga. Selanjutnya beliau mengajarkan kepada para mahasiswa bahwa kanker adalah salah satu penyakit yang menjadi salah satu penyebab kematian terbanyak di abad ke 21 ini. Beliau mengajarkan tentang ciri-ciri kanker yang dianalogikan seperti kepiting, pemahaman mengenai diagnosa dan terapi kanker, perbedaan tumor jinak dan kanker, informasi tentang bagian apa saja yang dapat terkena kanker, gejala-gejala yang perlu diperhatikan, dan banyak informasi-informasi menarik lainnya.

Beliau juga memaparkan gaya hidup sehat yang dapat mencegah atau mengurangi risiko terkena kanker yang disingkat dengan kata CERDIK. Gaya hidup sehat tersebut ialah : Cek kesehatan, secara rutin, Enyahkan asap rokok, Rajin aktifitas fisik, Diet seimbang, Istirahat cukup, dan Kelola stress. Banyak orang yang tidak sadar bahwa pencegahan jauh lebih penting daripada pengobatan.

bright

Perbincangan hari itu ditutup dengan sesi tanya jawab. Sebelum sesi tanya jawab Ibu Sri sempat menjelaskan mengenai pola makan sehat dan daftar makanan yang dianjurkan serta tidak dianjurkan untuk penderita kanker. Dengan informasi yang diberikan oleh Ibu Sri ini, di akhir kelas para murid diberikan tugas untuk mempresentasikan menu makan sehari untuk para penderita kanker sesuai dengan jenis kanker yang sudah dipilih masing-masing kelompok. Ada kanker serviks, kanker prostat, kanker tenggorokan, kanker lidah, kanker usus dan kanker-kanker lainnya.

Leave a Reply