Pendampingan UMKM Desa Tambaksari, Pasuruan

Desa Tambaksari merupakan desa yang kaya akan hasil bumi, antara lain: keladi, kopi, alpukat, pisang, singkong, dan durian. Melihat potensi keanekaragaman yang dimiliki oleh Desa Tambaksari, mahasiswa Program Studi  Tourism – Culinary Business, Universitas Ciputra Surabaya mengadakan serangkaian kegiatan kolaborasi bertajuk “Sersan Warta” sebagai sarana optimalisasi pengembangan ekonomi Desa Tambaksari, Pasuruan, Jawa Timur.


“Sersan Warta” merupakan singkatan dari Serba Wawasan Untuk Warga Desa Tambaksari. Kegiatan ini dimotori oleh dosen dan para mahasiswa semester 4 pada mata kuliah MICE, di mana berkolaborasi lintas angkatan dengan dosen dan mahasiswa semester 2 pada mata kuliah Leisure Business. Melalui kegiatan ini, secara tidak langsung baik dosen dan mahasiswa dari Program Studi Tourism – Culinary Business serta perangkat dan warga Desa Tambaksari, dapat saling belajar, bertukar ilmu, dan berkembang bersama.

UMKM di Desa Tambaksari sudah ada dan mulai berkembang sejak beberapa tahun lalu, dengan mengadakan webinar untuk mendongkrak penjualan  secara online, pelatihan produk serta food gallery, maka kolaborasi projek Program Studi Tourism-Culinary Business ini ikut memberikan pendampingan ke UMKM yang ada untuk kreasi produk, logo hingga kemasan. Pendampingan UMKM. Fokus kegiatan ini adalah untuk membantu Desa Tambaksari untuk dapat mengembangkan konsep bisnis menuju digitalisasi dan mengintegrasikannya.