Outdoor Class 2016 : FUNITY

Outdoor Class 2016 : FUNITY

Tema outdoor class tahun ini adalah FUNITY dimana acara ini adalah kegiatan yang harus diikuti para mahasiswa-mahasiswi baru (MaBa) Culinary Business 2016. Kegiatan Outdoor Class ini di namakan Fun in Unity (FUNITY) diharapkan para peserta mengikuti acara dengan bahagia dan memiliki kesatuan karena dalam kehidupan membutuhkan sebuah teamwork untuk menjurus kepada suatu kesatuan. Outdoor class thaun ini diselenggarakan pada tanggal 26-28 Oktober 2016 di Sativa Pacet. Selama tiga hari para mahasiswa – mahasiswi diajak untuk dapat membangun suatu kesatuan dan diajak mengenal lebih dekat teman satu angkatan sehingga dapat mejadi partner dalam mereka di Universitas Ciputra maupun di kehidupan. Tidak hanya kesatuan dan mengenal lebih dekat Acara yang dibuat oleh tim Student Union Culinary Business ini bertujuan untuk mengasah semangat, kekompakan, saling perduli, kerja sama, serta kepemimpinan.

dscf7657

Pada tanggal 26 Oktober 2016 awal dari seluruh kegiatan diawali dengan berkumpulnya para peserta di Plaza Universitas Ciputra pukul 06.00 WIB tepat. Disaat itu juga para paniti langsung mengarahkan para peserta untuk memeriksa barang dan absensi. Setelah dirasa cukup, barulah para peserta langsung pergi menuju Sativa. Setelah tiba di Sativa, ternyata cuaca di sativa hujan, sehingga para peserta sedikit kebasahan. Setelah itu kegiatan selanjutnya adalah acara acara kecil seperti, pembaian kamar, games pembagian kelompok, sambutan ketua panitia dan perkenalan seluruh panitia, pembacaan peraturan, pengumuman tentang membuat yel yel dan talent show. Kemudian acara dilanjutkan dengan sesi makan siang dan materi tentang Leadership. Acara-acara selanjutnya dilanjutkan dengan berbagai games ice breaking. Setelah itu kegiatan selanjutnya makan malam serta di lanjutkan untuk tidur.

img_8254

Hari kedua diawali dengan melakukan sarapan secara bersama-sama kemudian setelah itu semua peserta akan melakukan proses belajar mengajar seperti di kelas hanya saja tempatnya yang berubah yaitu di pendopo Sativa oleh Pak Sepsi dengan materi kedisiplinan, kemudian dilanjutkan dengan games kecil yang menggunakan sarana sederhana yaitu spaghetti tapi games ini benar-benar melatih kerjasama dalam kelompok dan membutuhkan strategi yang tepat agar bisa memenangkannya. Keseruan hari kedua berlanjut karena hari itu akan ada creative dinner, peserta akan membuat kreasi nasi bakar dan kemudian adanya outbond. Outbound yang akan dilakukan ini akan mendapatkan hadiah berupa berbagai macam kebutuhan yang dapat digunakan untuk keperluan creative dinner mulai dari lauk, sayur, serta bumbu.

img_8307

Banyak keseruan yang terjadi pada saat outbound, outbound sendiri dibagi menjadi dua sesi yaitu sesi game kecil dan sesi game besar. Untuk game kecil sendiri dapat dimainkan 1 kelompok saja sedangkan untuk game besar dapat dimainkan oleh 2-4 kelompok. Puncak keseruan outbound berada di dalam kolam lumpur dimana peserta tidak takut dengan lumpur justru semakin menunjukan wajah-wajah kebahagiaan hingga bermain di kolam lumpur menjadi hal yang tidak boleh dilewatkan.

img_8401

img_8403

Kegiatan berlanjut dengan creative dinner yaitu memasak nasi bakar sesuai dengan konsep yang telah ditentukan sebelumnya dengan menggunakan bahan yang telah didapatkan saat outbound. Oh iya pihak panitia juga menyediakan pasar dimana peserta dapat membeli bahan dengan menggunakan koin yang didapatkan dari night adventure.

Setelah menikmati masakan yang mereka buat, kegiatan masih berlanjut dengan talent show dan api unggun. Namun, sayang karena cuaca yang tidak mendukung terpaksa api unggun tidak dilanjutkan namun talent show tetap berlanjut dimana tiap kelompok akan menampilkan drama ataupun tarian dari tema yang telah mereka peroleh dan tema ini berhubungan dengan Disney seperti contohnya Mulan, Tarzan, Frozen, Aladdin, dll.

Pada tengah malam para peserta dibangunkan secaraa serempak untuk melakukan kegiatn Night Adventure dimana acara ini paeserta diajak untuk adventure malam dengan melakukan games yang dimana setiap pos games memiliki koin yang digunakan untuk mereka berbelanja keesokan harinya. Tidak berasa waktu sudah subuh, dan games sudah berakhir, para peseta di persilahkan untuk tidur untuk acara keesokan harinya.

img_8564

Hari ke 3 pada acara outdoor class, Acara ditutup dengan pembagian awards untuk para peserta dan panitia, pemutaran video dokumentasi Funity, serta evaluasi dari Ketua Program. Setelah itu foto bersama di halaman pendopo Sativa, para peserta, panitia, dan juga dosen-dosen kembali menempuh perjalanan pulang kembali ke Universitas Ciputra.

img_8565

img_8571

[written by : Christian Yohanes W & Nio Mira]

Leave a Reply