Outdoor Class 2015: Culinary Survivor

Outdoor Class 2015: Culinary Survivor

Culinary Survivor merupakan sebuah kegiatan rutin tahunan luar kelas yang baru saja diikuti oleh mahasiswa-mahasiswi Culinary Business 2015. Kegiatan ini diberi nama Culinary Survivor dengan harapan para peserta dapat menjadi survivor-survivor di dunia kuliner yang penuh dengan tantangan dan persaingan yang ketat.

Participants of Culinary Survivor 2015

Acara ini diselenggarakan pada tanggal 15-17 Oktober 2015 di Sativa Sanggraloka Pacet. Selama tiga hari ini para peserta diajak untuk dapat membangun kebersamaan dan mengenal lebih dekat teman-teman seangkatan sehingga dapat menjalin hubungan yang akrab dan erat seperti sebuah keluarga yang satu padu. Sebagian mahasiswa-mahasiswi yang sebelumnya tidak kenal satu dengan yang lain karena berbeda kelas dapat mengenal satu sama lain dan menjadi lebih akrab. Tidak hanya kebersamaan dan kekeluargaan saja, kegiatan yang dibuat oleh Student Union Culinary Business ini juga bertujuan untuk melatih, mengasah, dan mengembangkan kepedulian, kekompakan, kerja sama, kecerdasan, kepemimpinan, serta kreativitas para mahasiswa.

Beginning of Culinary Survivor

Pada tanggal 15 Oktober 2015 kegiatan diawali dengan berkumpulnya para peserta di UC Resto pada pagi hari. Setelah absensi dan juga pemeriksaan barang mereka segera menuju Sativa dengan menggunakan bus. Setelah menempuh perjalanan panjang, para peserta akhirnya sampai di Sativa.

Culinary Survivor-2Kegiatan di Sativa dimulai dengan acara pembukaan yang terdiri dari beberapa acara kecil seperti kata sambutan dari ketua panitia, pengenalan para panitia, pembacaan peraturan, pengumuman tentang yel-yel dan talent show, serta games pembagian kelompok. Kemudian acara dilanjutkan dengan makan siang dan materi pembelajaran dari Pak Sepsi berkaitan dengan SOP dan Food Handling. Acara-acara selanjutnya dilanjutkan dengan berbagai games dan ice breaking. Setelah makan malam dan acara dadakan battle dance antara panitia dengan peserta, para peserta diijinkan untuk tidur.

Pada saat tengah malam para peserta dibangunkan secara serempak untuk melakukan Night Adventure. Night Adventure merupakan jurit malam yang terdiri dari delapan pos permainan yang dapat melatih soft skill dan hard skill para peserta. Dalam Night Adventure ini para peserta diminta untuk mengumpulkan koin yang keesokan harinya dapat digunakan untuk bermain di pos-pos outbond. Saat subuh, sebelum matahari terbit, para peserta berhasil menyelesaikan Night Adventure dan dapat kembali ke barak masing-masing untuk beristirahat.

Night Adventure

Setelah mendapatkan waktu beberapa jam untuk beristirahat, para peserta kembali dibangunkan untuk makan pagi. Setelah makan pagi selesai Pak Alex memberikan materi pembelajaran yang berjudul From Zero to Hero di mana para peserta di ajak untuk berpikir out of the box. Lalu dilanjutkan dengan makan siang dan setelah itu para peserta melakukan outbond yang diadakan di lapangan luas, pendopo-pendopo, dan juga kolam lumpur.

Lebih banyak dari Night Adventure, outbond siang hari itu memiliki dua belas pos permainan di mana untuk bermain di setiap pos setiap kelompok harus membayar harga tertentu dan bisa mendapatkan bermacam-macam bahan untuk Creative Dinner yang akan diadakan pada malam harinya. Setelah selesai bermain di berbagai pos permainan outbond para peserta diberikan free time untuk beristirahat dan mandi.

Culinary Survivor-1

Makan malam pada hari itu dibuat sendiri oleh para peserta dalam acara Creative Dinner. Creative Dinner merupakan sebuah acara di mana para peserta diminta untuk membuat nasi goreng yang telah diinovasikan dan dikonsep pada siang harinya untuk dinilai oleh para juri yaitu para dosen yang mendampingi.

Creative Dinner

Acara puncak pada malam hari itu adalah api unggun di mana para peserta melakukan talent show dan menyaksikan persembahan dance dari para panitia yang berupa flashmob. Esok harinya acara ditutup dengan pembagian awards untuk para peserta dan panitia, pemutaran video dokumentasi Culinary Survivor, serta evaluasi dari para dosen pendamping. Setelah foto bersama di halaman pendopo Sativa, para peserta, panitia, dan juga dosen-dosen kembali menempuh perjalanan panjang ke Universitas Ciputra.

Culinary Survivor Night

Walaupun melelahkan para peserta terlihat sangat antusias mengikuti berbagai acara yang berlangsung selama tiga hari ini. Mereka sangat senang dapat mengenal dan mengukir kenangan indah bersama teman-teman seangkatan.

Culinary Survivor 2015