Kue Tradisional Bersama Chef Haryanto Makmoer

Kue Tradisional Bersama Chef Haryanto Makmoer

Kue basah.. atau sering kita dengar adalah dengan sebutan jajanan pasar. Jajanan pasar ini dahulu sering kita melihat dan kita jumpai hanya dipasar saja, namun semakin berkembangnya teknologi internet yang dimana banyak sekali mempublishkan resep-resep maupun pengalaman memasak melalui blog maupun tim redaksi maupun juga Vlog, maka semakin banyak pula kita menjumpai orang orang yang dapat membuat jajanan tradisional tersebut maupun dalam bentuk original aupun yang sudah di kreasikan. Bukti dari masih eksisnya jajanan tradisional ini, bisa kita lihat dimana orang orang berjualan pada bazar market, acara pernikahan, bahkan pada hotel bintang 5 pun mereka menjual dan menyuguhkan berbagai macam jajanan tradisional.

img_7753

Pada kali ini Mahasiswa Culinary Business (CBz) Universitas Ciputra kembali mengundang Chef Haryanto Makmoer, yaitu Technical Chef dari PT Sinar Meadow International Indonesia untuk praktek langsung mengenai mata kuliah Hospitality Business Operation yang diadakan pada Sabtu 8 oktober 2016 di Culinary Studio Universitas Ciputra. Dan pada kali ini juga Chef Haryanto Makmoer mengajarkan pada Mahasiswa Culinary Business (CBz) cara membuat jajanan tradisional, dimana jajanan tersebut dapat di inovasi dan juga layak di jual dengan harga tinggi. Jajanan yang dibuat yaitu Onde-Onde, Klepon, Pukis, Kue lapis, Bika ambon, Kue ku, dan Wingko.

kue-tradisional

Kali ini juga Chef Haryanto Makmoer memberikan pengarahan, tips dan beberapa teknik kepada Mahasiswa Culinary Business (CBz) contohnya, Untuk pembuatan Klepon dimana untuk perebusan, dibutuhkan waktu yang pas antara suhu air dengan adonan kelepon agar adonan tersebut dapat kenyal, contoh lain lagi, untuk pembuatan onde-onde pembuatan adonan perbandingan antara tepung, dengan air 1 : 1 agar adonan kulitnya tidak keras dan tetap empuk selain itu, cara memasak onde onde, setelah adonan onde onde terangkat / mengambang harus sedikit di tekan tekan agar hasilnya menjadi bulat sempurna.

img_7663

Dengan di datangkannya Chef Haryanto Makmoer pada kelas ini, diharapkan Mahasiswa Culinary Business mendapatkan pengalaman dan pembelajaran tentang mengolah jajanan tradisional dan pemberian inovasi baru pada jajanan tradisional yang mereka buat agar jajanan tradisional tersebut dapat dikenal secara luas dan dapat go internasional.

 img_7763

Leave a Reply