Hybrid Learning Mata Kuliah Food Service

Pembelajaran mata kuliah yang menekankan pada praktek menjadi tantangan sendiri Program Studi Tourism-Culinary Business dalam menjalankan Semester Genap 2020/2021 ini. Hybrid Learning dipilih untuk menjembatani penyampaian materi yang harus dilakukan secara praktek dimana mahasiswa dapat langsung praktek atau berinteraksi dengan praktek meskipun di tempat masing-masing.

Mata kuliah Food Service menjadi salah satu mata kuliah yang mencoba hybrid learning dimana mahasiswa dapat langsung praktek bersama dengan dosen, meskipun dosen praktek langsung dari Universitas Ciputra sementara mahasiswa dengan peralatan yang ada di tempat masing-masing, juga tetap dapat melakukan praktek.

Praktek dasar yang pertama adalah technical skill (teknik membawa piring dengan 2-3 piring dalam satu tangan) yang dicontohkkan langsung oleh dosen melalui Zoom dan mahasiswa juga dapat praktek satu per satu, untuk juga bisa dibantu dimentor ketika posisi tangan salah atau posisi piring miring.

Praktek set-up atau menata meja dan juga simulasi pelayanan atau service procedures juga bisa dilakukan meski mahasiswa melakukannya dari tempat masing-masing. 2 mahasiswa akan dinilai dalam break-out room, agar dosen dapat mengamati dengan seksama apakah ada arah yang salah, teknik yang kurang benar atau prosedur yang terlewatkan.

Tim  teaching, menjadi kunci bagaimana proses pembelajaran secara hybrid learning ini bisa dilakukan dan tersampaikan dengan baik. Peralatan yang memadai pun menunjang apa yang dilihat oleh mahasiswa meski dari tempat masing-masing dan bisa melihat jika dosen atau temannya praktek langsung.