Copa Cabana Summer Eatery

Copa Cabana Summer Eatery

Copa Cabana Summer Eatery yang semester ini dijumpai di UC Restaurant merupakan sebuah project besar hasil kerja keras mahasiswa-mahasiswi Culinary Business 2013 yang terbagi menjadi dua kelas. Restoran ini dibuat dalam rangka mata pelajaran Restaurant and Catering Innovation dan setiap restoran berjalan selama enam minggu. Proyek restoran buka setiap hari Rabu, Kamis, dan Jumat dari Pukul 09.00 WIB-Pukul 15.00 WIB. Copa Cabana buka dari 27 April 2016 hingga 8 Juni 2016 nanti.

Billboard Copacabana

Membuka restoran bukanlah suatu hal yang mudah. Para mahasiswa-mahasiswi angkatan 2013 ini harus menjalani berbagai proses terlebih dahulu mulai dari membuat susunan kepengurusan restoran, konsep restoran, konsep menu, konsep desain restoran, marketing plan, food testing, dan masih banyak lagi proses lainnya.

Copa Cabana merupakan restoran dengan konsep summer yang menjual berbagai menu western dan fusion antara western-Indonesian atau western-eastern. Copa Cabana memilih konsep summer karena Surabaya sangat terkenal dengan cuacanya yang panas. Selain itu summer juga identik warna-warna yang cerah dan fun sehingga dapat membuat bersemangat para pengunjungnya. Restoran didekor menggunakan partisi-partisi yang membuat kesan pohon-pohon dan juga taplak meja bermotif Hawaii berwarna cerah, terdapat juga banner bergambar pantai dan surfing board di ruangan VIP. Para server pun menggunakan baju bermotif hawaiian untuk semakin menguatkan imej summer.

Interior Copa Cabana

Menu andalan dari restoran yang satu ini ialah Tomato Based Grilled Chicken yang disajikan dengan baked potato atau nasi. Tomato Based Grilled Chicken merupakan paha ayam yang dimasak dengan tomat, direndam kurang lebih dua jam sampai empuk, lalu setelah itu di grill. Terdapat juga berbagai menu lainnya seperti Ananas Frango Spaghetti, Stuffed Chicken, Red Velvet Brownies, Blue Velvet Cake, Strawberry Cheesecake, dan menu-menu lainnya. Copa Cabana juga menerima pesanan catering dan pre-order, bahkan pesanan kue-kue untuk ulang tahun.

Produk Copa Cabana

Salah satu strategi marketing yang digunakan Copa Cabana ialah lomba foto dengan hadiah dari Panasonic. Strategi lainnya ialah workshop-workshop setiap minggunya seperti workshop bento, workshop coffee, workshop basic food photography yang sudah dikonsep dengan tema summer agar sesuai dengan Copa Cabana. Lalu ada juga promo unik yaitu yang berhasil mengumpulkan struk terbanyak memiliki kesempatan untuk mendapatkan microwave Panasonic senilai Rp 3.000.000,00 tanpa diundi.

Dalam menjalankan restoran ini para mahasiswa dibagi menjadi beberapa bagian seperti hot kitchen, pastry, beverage, dan service. Setiap dua minggu sekali para mahasiswa melakukan rolling sehingga setiap mahasiswa mendapat kesempatan untuk mendapatkan pengalaman-pengalaman yang berbeda.

Setiap minggunya terdapat juga challenge dari para dosen untuk kedua kelompok ini, ada challenge yang harus mencari 12 juta dalam waktu 2 hari, berjualan keliling UC, menjual minuman beralkohol, pre-order, dan masih banyak lagi challenge-challenge lainnya. Kedua restoran ini juga mendapat tugas menyiapkan makanan untuk catering S2 setiap hari Sabtu.

Leave a Reply