Tips Membagi Waktu antara Kuliah dan Bisnis ala Mahasiswa Universitas Ciputra Surabaya

Bagi Mahasiswa Universitas Ciputra Surabaya, menjalankan bisnis bukanlah suatu hal yang baru. Bahkan, ilmu tentang bisnis pun dihadirkan dalam mata kuliah untuk melatih mahasiswa untuk memiliki jiwa entrepreneurship dan berani menghadapi tantangan. Proses pembelajaran tentang entrepreneurship di Universitas Ciputra Surabaya tidak hanya dilakukan pada teori saja, tetapi juga dengan praktek langsung di lapangan melalui fasilitas yang disediakan oleh Universitas Ciputra Surabaya, seperti bazar, event kampus, dan lain-lain.

Kegiatan berwirausaha yang sering dilakukan melalui kegiatan kuliah ternyata menarik minat mahasiswa untuk membangun bisnis pribadi. Bidang usaha yang dipilih oleh mahasiswa pun bermacam-macam, sepeti FnB, pakaian, hewan peliharaan, dan lain sebagainya.

Tantangan tersendiri bagi mahasiswa dalam membuka bisnis antara lain harus membagi waktu antara kuliah dan menjalankan usaha. Sehingga, beberapa tips yang dapat diikuti untuk mahasiswa yang sedang menjalankan bisnis yaitu :

1. Memilih bisnis yang fleksibel
Membuat bisnis yang felksibel dan tidak menyita waktu merupakan salah satu alternatif yang dapat dilakukan agar waktu untuk kuliah dan belajar tidak telalu terganggu. Sehingga, kuliah dan bisnis dapat berjalan bersama-sama. Contoh bisnis yang dapat dikatakan fleksibel antara lain jualan online, menjadi penulis lepas, pengisi acara, dan fotografer.

2. Pandai mengatur waktu
Membagi waktu antara belajar dan kuliah merupakan salah satu kunci agar kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik. Salah satu contoh trik mengatur waktu dalam membagi jadwal adalah dengan menulis jam dan durasi kegiatan yang kalian lakukan.
Misalnya jadwal untuk kuliah adalah dari jam 8 pagi hingga jam 3 sore, waktu istirahat dari jam 3 – 5 sore, mengatur bisnis pribadi dari jam 5 sore hingga jam 7 malam, begitu seterusnya.
 
3. Membuat skala prioritas
Menyusun skala prioritas penting dilakukan oleh kalian agar segala sesuatu dapat dilaksanakan secara optimal. Skala prioritas juga tak luput dari time management dan kondisi yang ada. Misal, apabila kamu sedang dihadapi deadline, maka mana yang akan kamu pilih? mengerjakan tugas dahulu atau menjalankan bisnis? Selain itu, menentukan target yang jelas juga menjadi salah satu pertimbangan dalam membuat skala prioritas dan nantinya akan berdampak dalam produktifitas.
 
Itulah 3 tips membagi waktu antara kuliah dan bisnis ala UC People. Buat kalian yang sekarang lagi kepikiran buat jalanin bisnis, yuk cepetan realisasi dan ikuti tips tadi, salam entrepereneur.
Penulis - Farren Ardina