Organisasi Kemahasiswaan Universitas Ciputra Surabaya berhasil Menerima Bantuan PPK ORMAWA 2022

15 Juni 2022, dua sub proposal yang dibuat oleh Organisasi Kemahasiswaan Student Council Universitas Ciputra dan Student Union HTB – Student Union Fikom berhasil menerima bantuan Program Penguatan Organisasi Kemahasiswaan 2022 sebesar Rp.40.000.000,-. Kedua Tim tersebut merupakan kelompok yang terpilih dari total 8 tim yang diajukan oleh Universitas Ciputra Surabaya

Dalam sub proposal tersebut, kedua tim memiliki program yang berbeda sesuai dengan visi dan misi yang akan mereka laksanakan. Program yang diajukan oleh Student Council Universitas Ciputra yaitu program pengembangan kewirausahaan Desa Galengdowo dalam upaya meningkatkan pendapatan masyarakat melalui program Juragan Desa. Dan program yang diajukan oleh Student Union HTB dan Student Union Fikom adalah penguatan UMKM Kelurahan Sambikerep Melalui Pendekatan Sociopreneurship berbasis partisipasi masyarakat.

Program Juragan Desa yang menjadi dasar pelaksanaan adalah program pengembangan usaha yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas, komposisi, pengemasan, dan nilai jual dari produk yang telah diproduksi serta proses pemasaran dalam upaya mengembangkan usaha yang ada di desa Galengdowo.

Dalam hal ini,target yang ingin dicapai adalah terciptanya sociopreneur dan entrepreneur baru, serta adanya peningkatan pendapatan pada pelaku usaha UMKM. Dalam hal ini, hal yang mereka ingin bangun adalah membuka jalur pemasaran, partner distribusi, serta pelatihan agar tujuan dapat terlaksana.

Selain itu, rencana kedepan untuk Program Juragan Desa adalah pembentukan komunitas Peduli Usaha Desa yang mengembangkan UMKM dan Usaha Desa. Komunitas ditargetkan akan berada di bawah BUMDes untuk menjaga perkembangan wirausaha desa selama 3 tahun kedepan.

Komunitas diharapkan dapat melanjutkan program secara mandiri dan terpadu serta menurunkan ilmu tersebut kepada penerus melalui pemanfaatan luaran berupa buku, jurnal, dan cuplikan yang dikerjakan oleh tim PPK Ormawa.

Adapun alokasi dana adalah untuk membeli beberapa kebutuhan seperti alat pengemas produk, peniris minyak, sparepart mesin pembuat keripik, dan lainnya, pemenuhan biaya perjalanan, serta pemenuhan belanja lain-lain seperti cetak buku panduan Juragan Desa, pengajuan HKI, dan lainnya.

Penulis - Farren Ardina