Mengenal kebudayaan Jepang lewat UKM Task Force Sakura Universitas Ciputra

Waktu kecil, diantara kita pasti sering nonton anime di TV sambil makan snack waktu hari libur. Karena saking banyaknya serial anime yang tayang di TV, bahkan tak sedikit dari kita yang sampai ketagihan dan mengikuti setiap episodenya agar tidak ketinggalan.

Selain anime dan komik manga yang memiliki banyak penggemar, musik dan gaya berpakaian ala Jepang juga menjadi bukti bahwa budaya Jepang sangat berkembang di Indonesia. Banyaknya minat akan budaya Jepang ternyata disambut baik oleh generasi muda di Indonesia, tak terkecuali para mahasiswa Universitas Ciputra Surabaya.

Trend kebudayaan Jepang sejatinya memberikan kesempatan pada masyarakat untuk lebih mengenal dunia luar, dan mempelajari kebiasaan baru, seperti kebiasan datang tepat waktu, menaaati peraturan, kesopanan, gaya berbicara, serta hal positif lainnya hanh mungkin dapat dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

Di Universitas Ciputra Surabaya, terdapat salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) bernama Task Force Sakura yang didalamnya beranggotakan mahasiswa yang tertarik untuk belajar budaya Jepang. Mahasiswa di dalam UKM tersebut diberi kebebasan untuk belajar bahasa Jepang, menulis aksara Jepang, mengenal kebudayaan Jepang, dan lain sebagainya.

 

Kegiatan Festival UC Bunkasai sebelum Pandemi Covid-19

 

Selain belajar mengenai kebudayaan Jepang, UKM Task Force Sakura juga sering mengadakan festival budaya Jepang yang bernama UC Bunkasai setiap tahunnya dan dilaksanakan di wilayah Universitas Ciputra Surabaya. Pada festival ini, mahasiswa yang bukan dari anggota UKM pun bebas hadir dan menampilkan bakat mereka, seperti menyanyi, dance, atau hal-lainnya. Namun sayangnya, festival tersebut belum dilaksanakan kembali dikarenakan adanya pandemi Covid-19.

Kegiatan UKM kini pun juga dilaksanakan secara online melalui zoom. Meski demikian, para mahasiswa masih terbilang antusias untuk mengikuti UKM dan berpastisipasi dalam diskusi saat kegiatan berlangsung.

Penulis - Farren Ardina