Pelatihan dalam Menghadapi Industri 4.0 untuk Para Penerima Beasiswa Universitas Ciputra Surabaya

Pembicara sedang memberikan materi untuk pelatihan para penerima beasiswa di Universitas Ciputra Surabaya

Sebagai penerima beasiswa di Universitas Ciputra Surabaya, mahasiswa tidak hanya mendapat keuntungan berupa potongan biaya kuliah, tetapi juga diberi bekal ilmu pengetahuan dan skill yang dapat digunakan, baik di dalam masa perkuliahan maupun di dunia luar nantinya. Hal tersebut dikarenakan Universitas Ciputra ingin mencetak lulusan terbaik, terutama para penerima beasiswa agar memiliki kemampuan yang mumpuni, baik dari segi akademis maupun non-akademis agar dapat bersaing di lingkungan masyarakat nantinya. 

Salah satu upaya Universitas Ciputra Surabaya dalam mewujudkan hal tersebut adalah dengan mengadakan pelatihan melalui webinar yang dibawakan langsung oleh para expertise dalam bidangnya masing-masing. Pada tanggal 26 April 2022 kemarin, Universitas Ciputra Surabaya mengadakan pelatihan tentang tips dan trik membangun komunikasi yang efektif, optimalisasi sosial media, dan cara mengelola google spreadsheet. Pelatihan tersebut dihadiri oleh mahasiswa penerima beasiswa dan juga para staf yang ingin belajar mengenai topik tersebut.

Pada saat sesi latihan berlangsung, mahasiswa dan para audiens yang hadir diberi kesempatan untuk bertanya secara langsung mengenai topik yang sedang dibicarakan. Mahasiswa pun diberi kebebasan untuk bertanya tentang hal-hal teknis yang mungkin mereka hadapi, seperti cara mengetahui jumlah interaksi dari dari setiap materi yang diunggah di sosial media, cara meningkatkan jumlah followers, hingga tips untuk melakukan personal branding.

Sesi tanya-jawab yang diberikan oleh mahasiswa kepada para expertise untuk menyelesaikan masalah mereka yang terkait dengan topik yang dibawakan pun berlangsung sangat ramai. Hal tersebut dibuktikan dengan antusiasme mahasiswa dalam mengisi kolom chat zoom. Para expertise pun sampai harus memberikan kontak pribadi mereka kepada para mahasiswa di sesi tersebut agar mahasiswa dapat bertanya secara pribadi sehingga dapat melakukan obrolan lebih flexible.

Sesi tanya-jawab dari antara mahasiswa dan expertise pada acara pelatihan para penerima beasiswa

Menurut salah satu mahasiswa yang hadir di acara tersebut, webinar mengenai pelatihan memiliki manfaat yang sangat berguna bagi mereka, terutama untuk menghadapi persaingan di industri 4.0 yang mengharuskan kita untuk melek teknologi dan mampu menggunakan sosial media dengan baik. Selain itu, webinar pelatihan tentang skill teknis yang dasarnya merupakan ilmu terapan terbilang jarang didapatkan di kelas konvensional. Sehingga dengan adanya kesempatan ini, para mahasiswa pun berusaha untuk memanfaatkannya seoptimal mungkin agar mendapatkan informasi yang menurut mereka penting.

Meskipun antusiasme mahasiswa dalam acara webinar pelatihan mahasiswa tersebut terbilang cukup antusias, expertise dalam acara tersebut mengatakan bahwa insight yang didapatkan sebaiknya dipraktekkan secara langsung. Karena apabila ilmu yang didapatkan tidak diaplikasikan ke dalam kehidupan, maka proses pembelajaran bisa dikatakan sia-sia. Sehingga, harapan dari para expertise dan penyelenggara kegiatan tersebut adalah mahasiswa Universitas Ciputra Surabaya yang hadir dalam acara tersebut dapat mempraktikkan setiap tips dan trik yang telah diberikan dengan baik