Road to Student Council President 2022/2023

Hai UC People! Apa kabar?

Tentunya kalian udah tau dong kalau sebentar lagi periode Student Council 2021/2022 akan berakhir? Nah, beberapa waktu lalu UC Election mengadakan seleksi untuk mendapatkan Calon Presiden Student Council periode 2022/2023. Setelah melalui proses seleksi, pada 11 Maret 2022 terpilihlah dua Calon Presiden Student Council periode 2022/2023, yaitu Muhammad Aldaffa (IBM, 2020) dan Antonia Angelia Widjaja (VCD, 2020). Tahap setelah pengumuman calon presiden terpilih adalah kampanye. Pada masa kampanye, kedua calon presiden menyampaikan visi dan misinya. 


Muhammad Aldaffa selaku Capres 1 menyatakan visinya adalah “membentuk Student Council yang aktif sebagai pionir dalam mewujudkan mahasiswa yang aktif dan berintegritas di lingkungan Universitas dan masyarakat” sedangkan misinya jika terpilih adalah:

  1. Membentuk internal Student Council yang harmonis, berintegritas, terbuka, dan memiliki tanggung jawab yang tinggi terhadap tugas yang diemban

  2. Memberikan wadah bagi mahasiswa untuk berkembang dan aktif guna mendorong mahasiswa menjadi individu yang adaptif, solutif, dan profesional

  3. Mendorong tumbuhnya jiwa sosial dan peduli terhadap lingkungan di dalam kampus dan luar kampus yang menjunjung semangat IPE

  4. Bekerja sama dengan organisasi di dalam maupun luar kampus melalui kegiatan mahasiswa guna mengoptimalkan minat dan bakat mahasiswa serta peningkatan prestasi mahasiswa

Antonia Angelia Widjaja selaku Capres 2 menyatakan visinya adalah “menjadikan Student Council sebagai kabinet yang solid, dinamis, dan aktif berkolaborasi dengan mahasiswa berdasarkan semangat IPE”. Sementara itu, misinya jika terpilih menjadi Presiden Student Council adalah: 

  1. Menciptakan internal Student Council yang berlandaskan kekeluargaan dan keterbukaan

  2. Mewadahi aktivitas mahasiswa yang bersifat mengembangkan diri, potensi, dan relasi

  3. Melaksanakan program kerja yang aktif berkolaborasi secara internal dan eksternal

Keduanya akan dipilih secara langsung oleh mahasiswa Universitas Ciputra Surabaya pada 18-21 April 2022 dan pengesahan presiden terpilih akan dilangsungkan pada 26 April 2022. Namun, sebelum itu Tim Multimedia BMA telah berkesempatan untuk mewawancarai kedua calon presiden terpilih dengan tujuan mengenal keduanya lebih dekat.

Kedua calon presiden memiliki latar belakang yang berbeda. Sebelumnya, Daffa telah memiliki pengalaman menjadi ketua pelaksana dalam kegiatan UC Devotion sementara Angelia belum memiliki pengalaman menjadi ketua pelaksana tetapi saat ini menjadi Mentor untuk VCD. 

“Apabila saya terpilih menjadi presiden SC (Student Council), maka SC akan menjadi organisasi besar pertama di mana saya menjadi pemimpinnya. Tentunya merasa gugup dan cemas tetapi menjadi presiden SC bukan tentang saya, tetapi bagaimana saya bisa mengandalkan orang-orang di sekitar saya untuk menjalankan SC bersama sama, dari mahasiswa dan untuk mahasiswa,” tutur Angelia.

Ketika ditanya tentang apa arti pemimpin, Angelia berkata bahwa pemimpin merupakan orang yang mau melayani karena pemimpin memiliki peran besar dalam mengambil keputusan sedangkan Daffa menyatakan bahwa pemimpin merupakan orang yang di depan memberikan arahan, di tengah memberikan semangat dan di belakang memberikan dorongan berupa motivasi. 

Berdasarkan hasil wawancara singkat tersebut, dapat dilihat bahwa keduanya telah siap jika terpilih menjadi Presiden Student Council untuk periode 2022/2023. Selamat bagi siapapun yang terpilih menjadi Presiden Student Council berikutnya dan tetap semangat bagi yang belum terpilih. Semoga visi dan misi yang telah dicanangkan dapat terlaksana.