Tips Belajar Efektif ala Mahasiswa UC

Hey hey hey sudah tidak terasa ya pembelajaran online sudah kita alami hampir dua tahun.  Dari yang masih haha hihi di semester empat tau-tau sekarang sudah mau magang dan pusing  mikirin skripsi, ada juga yang dari awal jadi mahasiswa belum pernah nginjek lantai kampus  sama sekali tau-tau sudah mau semester 3. Jadi gimana nih kuliah online mu selama ini  apakah kalian makin produktif dengan adanya kuliah online ? atau malah bosan ? mimin ada  sedikit tips nih buat kamu supaya kuliahnya tetap produktif meskipun tetap online. Kuy  langsung aja di simak. 

1. Istirahat dengan cukup 

Meskipun kita kuliah online kita harus tetap memiliki jam istirahat yang cukup ya  kawan karena salah satu cara yang bisa kita lakukan agar tetap produktif adalah  dengan menjaga jam tidur kita. Tubuh yang lelah bisa membuat kita tidak konsentrasi  ketika menerima materi dari dosen dan juga bisa membuat tubuhmu tidak fit bahkan  sakit. Oleh karena itu mulai dari sekarang jangan mabar sampai larut malam ya kawan  nanti yang ada kuliahmu malah ambyar. 

2. Menata Ulang Ruangan Khusus Untuk Belajar Agar Nyaman 

Ruang belajar yang nyaman dan bersih dapat mempengaruhi produktivitas dan mood  kita loh. Oleh karena itu usahakan sebelum kuliah online di mulai usahakan untuk  membersihkan dan merapikan ruang belajar kamu dan bisa juga di berikan pengharum  ruangan agar kamu bisa lebih rileks belajarnya. Selain itu kamu juga bisa menyiapkan  meja dan kursi yang nyaman serta meletakkan barang-barang kebutuhan kuliah dekat  meja belajarmu agar kamu tidak perlu mondar mandir untuk mengmbilnya sehingga  kamu bisa focus ketika mengikuti kuliah. 

3. Simak dan catat hal-hal penting layaknya perkuliahan biasa 

Mencatat materi dari dosen juga menjadi salah satu cara menjadikan mahasiswa tetap  produktif di kala masa kuliah online ini loh. Membuat catatan penting yang di  sampaikan oleh dosen bisa membuat kamu lebih memahami materi tersebut. Mencatat  juga merupakan teknik belajar yang efektif dan mudah di pahami. Kalau kamu tim  mana nih tim mencatat materi dosen atau tim screenshoot materi dosen ? 

4. Buat daily reminder untuk kegiatanmu selama perkuliahan online 

Dimasa kuliah online ini membuat daily remainder merupakan suatu yang penting  sehingga kita tidak lupa dengan tugas yang di berikan oleh dosen dan mengurangi  rasa malas. Daily remainder juga secara tidak langsung akan melatih kedisiplinan kita 

dan menyelamatkan kita dari kebiasaan pelupa dan kegiatan kita akan menjadi lebih  terorganisir. 

5. Hindari mengerjakan tugas mepet deadline 

Siapa disini yang suka kerjain tugas mepet deadline dengan sistem kebut semalam ?  ternyata mengerjkan tugas mepet deadline bisa membuat kamu jadi ga produktif loh.  Karena kuliah online banyak tugasnya dan jika dibiarkan tugas-tugasmu akan  menumpuk oleh karena itu kamu harus menghapuskan kebiasaan mengerjakan tugas  mepet deadline. 

6. Review Materi Belajarmu 

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan agar kamu tetap produktif adalah  dengan mereview materi dari dosen. Mereview materi pelajaran juga bisa membuat  kamu lebih ingat dan memahami materi tersebut sehingga materi yang diberikan  dosen tidak hilang begitu saja. 

Nah itu beberapa tips dari mimin agar kamu bisa tetap produktif di kuliah online ini.  Walau kita kuliahnya hanya di rumah saja tapi semangat dan produktifitas kita harus  tetap sama ketika kuliah offline ya. Tetap semangat guys !!