TANAM POHON – MAHATRA

Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Ciputra Surabaya (MAHATRA) turut memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia yang jatuh pada tanggal 28 November. Hari Menanam Pohon Indonesia diawali dengan aksi penanaman pohon di Desa Cibadak, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat pada 28 November 2007. Setelah itu terbitlah Surat Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2008 tentang “Hari Menanam Pohon Indonesia” yang menyatakan setiap tanggal 28 November merupakan hari menanam pohon berskala nasional. Hari Menanam Pohon Indonesia sendiri ditetapkan dengan tujuan memberikan kesadaran dan kepedulian kepada masyarakat tentang pentingnya pemulihan sumber daya hutan dan lahan melalui penanaman pohon.

MAHATRA mengadakan gerakan menanam pohon tepat pada tanggal 28 November 2021 di Desa Dadapkuning, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik. Lokasi tersebut dipilih karena daerahnya yang gersang. Dalam upaya melancarkan kegiatan Tanam Pohon, MAHATRA bekerjasama dengan Student Council Universitas Ciputra Surabaya, Biro Mahasiswa dan Alumni (BMA) Universitas Ciputra Surabaya serta Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gresik. Kegiatan Tanam Pohon juga dihadiri oleh Kepala Desa Dadapkuning serta perwakilan DPRD Gresik.

Pada Tanam Pohon 2021, terdapat 100 bibit yang ditanam di wilayah Desa Dadapkuning. Penanaman pohon dilakukan secara simbolis oleh seluruh pihak yang terlibat seperti Ketua Pelaksana Tanam Pohon, Ketua Umum Mahatra, Presiden Student Council Universitas Ciputra Surabaya, Perwakilan BMA Universitas Ciputra Surabaya, serta perwakilan DPRD Gresik.

Kegiatan menanam pohon memiliki berbagai manfaat, salah satunya adalah mengurangi pemanasan global. Pohon dapat menyerap emisi karbon yang timbul sehingga mengurangi efek gas rumah kaca. Penanaman pohon juga dapat meningkatkan sumber oksigen sehingga udara menjadi lebih segar. Selain itu, pohon-pohon yang tumbuh juga dapat memperindah lingkungan.