Kegiatan PKM Universitas Ciputra Surabaya

Salah satu kompetisi penalaran dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi yaitu Program Kreativitas Mahasiswa atau biasanya bisa disebut dengan PKM. Tahun 2021 ini PKM dilaksankan pada bulan Februari dimana batas upload proposal PKM berakhir pada tanggal 23 Maret 2021. Biro Mahasiswa dan Alumni Universitas Ciputra sebelumnya memberikan video materi-materi terkait PKM dan membuka pendaftaran bagi mahasiswa yang ingin mengikuti PKM tahun ini. Mahasiswa yang mendaftar melalui BMA sebanyak 63 mahasiswa dimana mereka yang mendaftar masih ada yang belum mempunyai kelompok atau tim. Pada tanggal 5 Februari BMA melakukan pertemuan zoom dengan mahasiswa yang sudah mendaftar baik melalui BMA ataupun melalui prodi. Pertemuan yang kami lakukan adalah untuk memperkenalkan PKM kepada mahasiswa dan membuka biro jodoh untuk mahasiswa yang belum menemukan tim. Selanjutnya demi mempertajam pengetahuan Dosen dan Mahasiswa, BMA mengundang salah satu narasumber dari IPB yaitu Bapak Dr. Ujang Suwarna, S.Hut, M.Sc.F.Trop. beliau adalah salah satu yang membuat panduan PKM dan biasanya menjadi juri nasional di PKM. Pertemuan mahasiswa dilaksanakan pada tanggal 9 Februari 2021 dan untuk dosen pada tanggal 10 Februari 2021.
Pertemuan yang sudah dilalui oleh mahasiswa dan dosen sangat bermanfaat bagi mereka, karena mahasiswa bisa menyalurkan ide-ide kreatif mereka sesuai dengan skema PKM yang ada. Melihat antusias mahasiswa BMA membuat pertemuan Kembali dengan Bapak Ujang, dimana pertemuan ini untuk melakukan review proposal PKM yang sudah dibuat oleh mahasiswa. Review dilakukan dengan 3 kali pertemuan, dimana setiap pertemuan ada 7 tim yang selalu berbeda tiap pertemuannya. Pertemuan diadakan pada tanggal 17 Februari, 19 Februari dan 6 Maret 2021. Review yang dilakukan membuat wawasan mahasiswa semakin bertambah dimana banyak pengetahun tentang pemilihan skema, judul dan target dari ide-ide yang sudah dibuat.
PKM tahun 2021 ini Biro Mahasiswa dan Alumni berhasil mendaftarkan sebanyak 66 tim dimana dengan berbagai skema yang sudah ada. PKM tahun ini kami sangat antusias sekali dan kami sangat optimis bisa mendapatkan pendanaan dan bisa masuk PIMNAS. Kita berdoa bersama-sama dan berharap bisa lolos tahun ini.

Kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa